Halaqah 66 ~ Perang Badr Kubro Bagian 02

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله و على آله و صحبه أجمعين

☪ Halaqah yang ke 66 dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah tentang ”Perang Badr Kubro Bagian 02”.

🔖 Rasulullãh ﷺ mengetahui jumlah pasukan Quraisy dari unta yang disembelih untuk makan dalam 1 hari, 1 unta adalah untuk makan sehari 100 orang dan mereka setiap harinya menyembelih 10 unta sehingga diketahui bahwa jumlah pasukan orang-orang Quraisy kurang lebih 1000 orang. Beliau juga mengetahui info tentang pasukan Quraisy dari sebagian mereka yang telah tertawan oleh pasukan muslimin.

🔖 Sebagian pasukan muslimin merasa tidak siap berperang menghadapi musuh karena tujuan utama mereka semula adalah untuk menghadang rombongan dagang Quraisy.

Allāh Subhānahu wa Ta’āla mengatakan :

كَمَا أَخْرَجَكَ رَبُّكَ مِنْ بَيْتِكَ بِالْحَقِّ وَإِنَّ فَرِيقًا مِنَ الْمُؤْمِنِينَ لَكَارِهُونَ

Sebagaimana Allāh telah mengeluarkan dirimu (wahai Muhammad) dari rumahmu dengan kebenaran & sesungguhnya sebagian orang-orang yang beriman tidak menyukainya [QS. Al-Anfal : 5]

🔖 Disisi yang lain orang-orang Anshor pada baiat aqobah yang ke-2 telah membaiat Nabi ﷺ untuk menjaga beliau & menolong beliau di kota Madinah & tidak membaiat beliau ﷺ untuk berperang diluar kota Madinah, sehingga kita mengetahui bahwasanya pasukan-pasukan yang diutus sebelumnya untuk keluar di kota Madinah hanya terdiri orang-orang Muhajirin karena dalam peperangan ini ada orang-orang Anshor bahkan mereka adalah mayoritas, maka Nabi ﷺ bermusyawarah dengan para shahabat nya khususnya orang-orang Anshor.

🔖 Berkata Al-Miqdad bin Amr ketika mendengar kabar dari Nabi ﷺ tentang orang-orang Quraisy

Wahai Rasulullãh lakukan sesuai dengan apa yang Allāh tampakkan kepadamu, maka kami akan bersamamu, Demi Allāh kami tidak berkata kepadamu seperti ucapan Bani Israel kepada Musa.

Pergilah kamu & Rabbmu kemudian berperanglah kami duduk disini akan tetapi, pergilah kamu & Rabbmu & berperanglah kami akan berperang bersama kalian.

Maka Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar, seandainya engkau membawa kami masuk kedalam tanah niscaya kami akan bersungguh-sungguh bersamamu sehingga engkau sampai tujuan.

🔖 Berkata Nabi

Baik.

Kemudian beliau mendoakan kebaikan bagi mereka. Kemudian beliau meminta pendapat Anshor.

Berikanlah isyarat kepadaku wahai manusia.

Berkata Sa’ad bin Muadz sebagai pemula orang-orang Anshor

Demi Allāh, sepertinya engkau menginginkan kami wahai Rasulullãh.

Beliau mengatakan :

Iya.

🔖 Sa’ad bin Muadz berkata :

Sungguh kami telah beriman dengan mu & membenarkan dirimu, bersaksi bahwa apa yang engkau bawa adalah benar & kami telah memberikan kepadamu janji-janji kami untuk senantiasa mendengar & taat kepadamu, maka lakukanlah wahai Rasulullãh, apa yang engkau inginkan kami akan bersamamu, Demi Dzat yang mengutusmu dengan kebenaran, seandainya engkau membawa kami ke laut kemudian engkau masuk kedalamnya niscaya kami akan masuk bersamamu, tidak ada diantara kami yang ketinggalan seorangpun & kami tidak benci engkau mempertemukan kami dengan musuh-musuh kami besok, sungguh kami adalah orang-orang yang bersabar dalam berperang, jujur ketika bertemu dengan musuh semoga Allāh memperlihatkan kepadamu tentang kami apa yang membuat sejuk matamu, maka berjalanlah diatas berkah Allāh.

🔖 Maka Nabi ﷺ sangat berbahagia dengan ucapan Sa’ad bin Muadz, kemudian beliau berkata :

Berjalanlah kalian & berbahagialah karena Allāh akan menjanjikan kepadaku satu diantara dua golongan, Demi Allāh aku telah melihat tempat-tempat terbunuhnya mereka.

[Diriwayatkan oleh Ibnu Ishak dengan sanad yang shahih]

Yang dimaksud dengan 2 golongan adalah :

1️⃣ Rombongan pedagang yang dipimpin oleh Abu Sofyan.
2️⃣ Pasukan orang-orang Quraisy.

Maka Nabi ﷺ dijanjikan oleh Allāh satu diantara keduanya. [lihat QS. Al-Anfal: 7].

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Pandeglang

Seorang IT Profesional yang berpengalaman di bidang Troubleshooting, Networking dan Database Management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *