Halaqah 49 ~ Hijrah Ke Madinah Bagian 04 Dari 05

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله و على آله و صحبه أجمعين

☪ Halaqah yang ke 49 dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah tentang ”Hijrah Ke Madinah Bagian 04 Dari 05”.

🔖 Nabi ﷺ & Abu Bakar Asy Sidiq radiallahu anhu meninggalkan goa di malam hari, berjalan ke kota Madinah dalam keadaan dicari oleh orang-orang Musrykin yang mereka ingin mendapatkan hadiah 100 unta bagi yang membunuh beliau ﷺ dan Abu Bakar atau menawan keduanya.

🔖 Suroqoh bin Malik menceritakan bahwa ketika dia duduk bersama kaumnya, tiba-tiba ada seseorang yang datang mengabarkan bahwa dia melihat tiga orang baru saja lewat dia menyangka mereka ini adalah Muhammad dan sahabatnya.

🔖 Suroqoh segera mengisyaratkan kepada orang tersebut untuk diam kemudian Suroqoh mempersiapkan diri dan mengambil kuda serta senjata nya dan segera menyusul Muhammad dan Abu Bakar Asy Sidiq untuk mendapatkan hadiah 100 ekor unta, setelah beberapa kali terjatuh kudanya dia tetap melanjutkan perjalanan untuk mengejar Rasulullãh ﷺ dan Abu Bakar. Dan ketika melihat Rasulullãh ﷺ dan Abu Bakar tiba-tiba kedua kaki depan kuda tersebut tenggelam kebumi dan terjatuhlah Suroqoh dari kudanya kemudian dia menyadari bahwa dia tidak akan bisa mengganggu Muhammad ﷺ, dia pun memanggil dan mengatakan :

Saya Suroqoh bin Ju’sum Tunggu lah aku, aku ingin berbicara demi Allāh kalian tidak perlu ragu & aku tidak akan melakukan apa yang kalian benci.

Setelah disuruh oleh Nabi ﷺ maka Abu Bakar berkata kepada Suroqoh

Apa yang engkau inginkan.

Suroqoh berkata :

Tulislah sebuah tulisan sebagai tanda antara diriku & dirimu.

🔖 Setelah ditulis oleh Abu Bakar, maka Suroqoh menyimpannya ditempat anak panah nya, kemudian kembali & tidak membeberkan kejadian ini kepada siapapun. [Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu Hisyam di dalam Siroh nya dengan sanad yang shahih]

🔖 Disebutkan didalam shahih Bukhori bahwa ketika Suroqoh mendekat Nabi ﷺ tidak menoleh sedikitpun yang banyak menoleh adalah Abu Bakar Asy Sidiq khawatir dengan keselamatan Rasulullãh ﷺ & dalam shahih Bukhori juga disebutkan bahwa Nabi ﷺ mendoakan kejelekan untuk kuda tersebut.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Pandeglang

Seorang IT Profesional yang berpengalaman di bidang Troubleshooting, Networking dan Database Management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *