Halaqah 25 ~ Buah dari Beriman Kepada Para Rasul Alaihimussalam

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

☪ Halaqah yang ke-25 dari Silsilah ‘ilmiyyah Beriman dengan para Rasul Allah adalah tentang “Buah dari Beriman Kepada Para Rasul Alaihimussalam”.

Diantara buah beriman kepada Para Rasul Alaihimussalam :

1⃣ Seseorang jadi mengetahui rahmat Allah dan perhatian Allah yang besar terhadap hamba-hamba-Nya dengan cara mengutus para Rasul kepada mereka supaya memberikan petunjuk kepada mereka dan menjelaskan kepada mereka tentang beribadah kepada Allah dan bagaimana cara beribadah kepada Allah, karena akal manusia tidak bisa berdiri sendiri tanpa wahyu dari Allah azza wajalla.

Allah Subhānahu wa Ta’āla berfirman :

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

“Sungguh Allah telah memberikan karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang Rasul dari kalangan mereka sendiri yang membacakan atas mereka ayat-ayat-Nya dan membersihkan jiwa mereka dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Hikmah. Dan sungguh mereka sebelumnya berada di dalam kesesatan yang nyata.” [QS. Ali ‘Imran : 164]

2⃣ Bersyukur kepada Allah atas nikmat diutusnya para Rasul Alaihimussalam.

3⃣ Mencintai para Rasul Alaihimussalam, menghormati mereka, memuji mereka sesuai dengan kedudukan mereka, karena mereka adalah para utusan Allah, para hamba-hamba Allah yang beribadah kepada Allah sekaligus menyampaikan risalah Allah dan menasihati para hamba Allah.

Allah berfirman :

إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِدًا وَمُبَشِّرًا وَنَذِيرًا
لِتُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُعَزِّرُوهُ وَتُوَقِّرُوهُ

“Sesungguhnya kami telah mengutusmu sebagai seorang saksi, memberikan kabar gembira dan memberikan peringatan, supaya kalian beriman kepada Allah dan juga Rasul-Nya dan supaya kalian menolong dia dan menghormati dia.” [QS. Al-Fath : 8-9]

4⃣ Mengetahui kekuasaan Allah dan bagaimana Allah memilih para Nabi dan Rasul.

5⃣ Mengetahui bahwa beriman dengan mereka adalah sebab kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

6⃣ Mengetahui bahwa berpegang teguh dengan apa yang dibawa oleh para Rasul Alaihimussalam adalah sebab diangkatnya derajat seseorang di sisi Allah dan sebab diampuni dosanya.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah terakhir dari Silsilah Beriman Kepada Para Rasul Alaihimussalam.

Kita berdoa kepada Allah azza wajalla semoga Allah Subhānahu wa Ta’āla menjadikan kita termasuk orang-orang yang beriman dan meninggal dunia di atas keimanan dan sampai bertemu kembali pada Silsilah Ilmiah berikutnya yaitu Silsilah Beriman dengan Takdir.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Saudaramu,

Abdullāh Roy
Di kota Al-Madīnah

Seorang IT Profesional yang berpengalaman di bidang Troubleshooting, Networking dan Database Management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA ImageReload Image