Halaqah 56 ~ Ahlus Suffah

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله و على آله و صحبه أجمعين

☪ Halaqah yang ke 56 dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah tentang ”Ahlus Suffah”.

🔖 Ahli Kuffah adalah kelompok orang-orang yang fakir dari kalangan muhajirin di zaman Nabi ﷺ, yang mereka tidak memiliki tempat tinggal sehingga Nabi ﷺ menempatkan mereka dibagian belakang masjid Nabawi, pemuka mereka adalah Abu Hurairoh.

🔖 Dahulu Nabi ﷺ apabila ingin mengundang Ahlus Suffah, beliau memanggil Abu Hurairoh, selain orang-orang muhajirin ada sebagian kecil orang-orang Anshor yang tinggal bersama mereka karena ingin hidup juhud meskipun dia memiliki rumah di Madinah seperti Ka’ab bin Malik Al Anshory, Handzolah bin Abi Amir Al Anshory dan Haritsah bin Nu’man Al Anshory.

🔖 Jumlah Ahlus suffah kurang lebih 70 orang terkadang bertambah dan terkadang berkurang. Diantara nama-nama mereka :

1️⃣ Abu Dzar
2️⃣ Watsilah bin Al Asqo
3️⃣ Salman Al Farisy
4️⃣ Khudzaifah bin al Yamman
5️⃣ Khobbab bin Al Ard
6️⃣ Zaid Ibnu Khotob
7️⃣ Abdullah bin Mas’ud
8️⃣ Safinah (budak Nabi ﷺ)
9️⃣ Bilal bin Robbah
🔟 Suhaib Arrumi
1️⃣1️⃣ Al Irbab Ibnu Sariah
Dan lain-lain.

🔖 Mereka mengkhususkan diri mereka untuk menuntut ilmu beribadah kepada Allāh dan berjihad. Dalam waktu waktu senggang mereka untuk shalat, beritikaf, membaca Al-Qurān, mempelajari ayat-ayat Allāh, berdzikir dan sebagian mereka menggunakan waktunya untuk belajar menulis, sehingga sebagian mereka dikenal dengan ilmu dan hafalan hadits nya, seperti Abu Hurairah dan sebagian dikenal mengetahui hadīts-hadits tentang fitnah seperti Khudzaifah Ibnu Yamman dan sebagian mereka dikenal dengan pemahaman ilmunya di dalam Alquran seperti Abdullah bin Mas’ud, meskipun mereka adalah ahli ilmu dan ibadah namun mereka tidak ketinggalan ikut serta didalam kegiatan masyarakat dan berjihad di jalan Allāh.

🔖 Ada diantara mereka yang meninggal ketika perang Badr seperti Sofwan bin Baidho, ada yg meninggal ketika perang Uhud seperti Handzolah, ada yg meninggal perang Al Yamamah seperti Zaid Ibnu Khotob dan lain-lain.

🔖 Ahlus Suffah memiliki pakaian sederhana, terkadang pakaian mereka tidak bisa menjaga diri mereka dari dingin dan tidak menutupi tubuh mereka secara sempurna.

🔖 Makanan mereka kebanyakan adalah qurma, dahulu Nabi ﷺ sering mengundang mereka dan beliau memohon maaf kepada mereka jika makanan yang di hidangkan tidak enak, sering mereka menahan lapar terkadang sebagian mereka pingsan ketika shalat, dan dahulu Nabi ﷺ & para shahabat nya sangat memperhatikan Ahlus suffah, beliau ﷺ sering menziarahi mereka mengunjungi orang yang sakit diantara mereka, duduk bersama mereka, menasihati mereka supaya banyak membaca Al-Qurān & dzikrullah.

🔖 Demikianlah keadaan Ahlus Suffah, kemiskinan mereka & kefakiran mereka tidak menghalangi mereka untuk tidak menuntut ilmu, beribadah & berjihad di jalan Allāh.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Pandeglang

Seorang IT Profesional yang berpengalaman di bidang Troubleshooting, Networking dan Database Management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA ImageReload Image