Halaqah 20 ~ Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 18 Dari 22

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

☪ Halaqah yang ke-20 dari Silsilah ‘ilmiyyah Beriman dengan para Rasul Allah adalah tentang “Cara Beriman kepada Para Rasul Bagian 18”.

Di sana ada perbedaan antara Al Mu’jizat dengan Al Karaamah :

1⃣ Al Mu’jizat disertai dengan pengakuan sebagai seorang Nabi sedangkan Al Karaamah tidak disertai pengakuan sebagai seorang Nabi tetapi terjadi Al Karaamah dengan sebab dia mengikuti dan beriman dengan Nabi dan istiqomah di atasnya.

2⃣ Al Mu’jizat terjadi pada seorang Nabi dan Nabi adalah manusia, laki-laki yang merdeka. Sedangkan Al Karaamah bisa terjadi pada seorang jin atau manusia, hamba sahaya, atau orang yang merdeka, seorang laki-laki ataupun perempuan, kalau mereka adalah orang-orang yang sholeh seperti yang terjadi pada Maryam dan juga Safinah maula Rasulullah ﷺ.

3⃣ Al Mu’jizat adalah sesuatu yang luar biasa di semua tempat dan masa, sedangkan Al Karaamah adalah sesuatu yang luar biasa menurut tempat dan masa tertentu saja. Oleh karena itu apa yang terjadi pada Maryam alaihassalam berupa ditemukannya makanan musim panas di musim dingin dan sebaliknya adalah sesuatu yang biasa di zaman sekarang.

4⃣ Di dalam Al Mu’jizat seorang Nabi diperintahkan untuk menampakkannya sedangkan Al Karaamah maka seorang wali diperintahkan untuk menyembunyikannya.

5⃣ Manfaat Al Mu’jizat adalah untuk umum sedangkan manfaat Al Karaamah biasanya untuk khusus orang tersebut.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini, dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Saudaramu,

Abdullāh Roy
Di kota Al-Madīnah

Seorang IT Profesional yang berpengalaman di bidang Troubleshooting, Networking dan Database Management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA ImageReload Image