Tips Menghadapi Interview Pekerjaan Bagi Anda Yang Sering Gugup

Pinjam Uang

Abdulrohman.com – Seperti yang Kita tahu, setiap perusahaan yang membuka loker terutama lowongan bank pasti memberikan berbagai kualifikasi atau persyaratan bagi setiap calon karyawan baru. Bagi calon karyawan yang telah memenuhi syarat secara administrasi, beberapa tes atau seleksi wajib diikuti guna menentukan hasil penerimaan karyawan baru. Berbagai macam tes seperti uji kemampuan, psikotes dan tes kesehatan diadakan untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Setelah semua tes berhasil diikuti, tahap interview atau wawancara menjadi penentu hasil akhir dari penerimaan karyawan baru yang diadakan oleh perusahaan tersebut.

Apabila Anda akan menghadapi tahap interview atau wawancara kerja dari suatu perusahaan, pastikanlah Anda telah mempersiapkan segalanya, baik mental ataupun fisik agar tahap akhir penerimaan karyawan tersebut bisa dilalui secara maksimal. Pastikanlah kesehatan Anda terjaga agar pada hari H, penampilan terlihat segar dan penuh semangat. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan mental supaya tidak gugup ketika berhadapan dengan pihak pewawancara. Dengan mental dan fisik yang siap, tentu saja semua pertanyaan bisa dijawab dengan mudah dan lancar.

Selain mempersiapkan mental dan fisik, Anda juga perlu mempelajari beberapa pertanyaan umum yang biasa ditanyakan ketika wawancara kerja. Pertanyaan tersebut biasanya meliputi alasan melamar, latar belakang dan pengalaman kerja yang Anda punya dan beberapa pertanyaan seputar pekerjaan dan profesi yang dilamar. Dalam hal ini, Anda perlu menggali pengalaman dari keluarga, saudara atau teman yang telah melalui tahap interview pekerjaan untuk membayangkan kira-kira seperti apa prosedur wawancara tersebut berjalan. Dengan demikian, Anda akan lebih siap dan juga mantap untuk menghadapi wawancara kerja yang diadakan oleh perusahaan.

Tak hanya itu saja, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui ketika menghadapi wawancara pekerjaan, yaitu:

  • Perhatikan penampilan.
    Gunakanlah pakaian yang rapih, berdandan yang sopan dan tidak berlebihan untuk menggambarkan keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan.
  • Datang tepat waktu.
    Sebaiknya, sampailah ke tempat wawancara sekitar 15 sampai 20 menit sebelum jadwal interview berlangsung supaya mental lebih siap dan matang untuk menghadapi interview.
  • Perhatikan sikap dan perilaku.
    Dalam menghadapi wawancara, tunjukkanlah sikap yang santun untuk menunjukkan kesiapan dan profesionalitas Anda dalam bekerja apabila nanti diterima sebagai karyawan baru.

Sebelum berhadapan langsung dengan pihak perusahaan, jangan lupa berdoa terlebih dahulu agar mental semakin siap dan percaya diri terbangun dengan sendirinya. Ketika dipanggil untuk memasuki ruang interview, ketuk pintu dan berikanlah salam terlebih dahulu untuk memberikan kesan yang baik di mata pewawancara. Selain itu, jangan lupa untuk berjabat tangan dan sebutkan nama sebagai tanda perkenalan. Setelah pihak pewawancara mempersilahkan duduk, barulah Anda duduk di tempat yang sudah disiapkan. Selama wawancara berlangsung, jagalah attitude dengan baik agar interview bisa terlaksana secara optimal. Selain itu, jawablah pertanyaan dengan lancar dan tidak dibuat-buat. Setelah wawancara selesai berjalan, jangan lupa ucapkan terima kasha dan berjabat tangan kembali dengan pihak pewawancara sebelum mengucap salam dan meninggalkan ruangan.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda ketahui ketika menghadapi tahap wawancara kerja yang diadakan oleh semua perusahaan yang membuka lowongan kerja Jogja dan berbagai daerah lainnya. Apabila tahap wawancara dipersiapkan dengan matang, tentu saja semua berjalan dengan lancar. Jika semua sudah sesuai rencana, maka pekerjaan yang Anda inginkan bisa segera didapatkan dan profesi impian Anda bisa dimulai dari sekarang.

Seorang IT Profesional yang berpengalaman di bidang Troubleshooting, Networking dan Database Management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA ImageReload Image