Memulai Bisnis

Pengetahuan BisnisAbdulrohman.com – Membangun suatu usaha atau bisnis dimulai dari pemikiran atau ide tentang bagaimana, apa ,  dimana cara dan memulai bisnis tersebut.

Suatu bisnis dimulai dari munculnya ide-ide cemerlang dalam benak seseorang tentang keinginan membangun usaha dan harapan akan keberhasilan usaha tersebut.

Berbagai ide bisnis yang menjadi pengerak seseorang membuka usaha atau membangun bisnisnya :

1. Hobi

Bill Gates si Raja komputer dari Amerika serikat, memulai suatu usahanya dari sebuah hobi mengutak-atik program komputer. Hobi yang ditekuni dengan serius ini telah berhasil membawa Bill Gates untuk menemukan komputer yang lebih praktis lebih mudah digunakan daripada komputer besar yang ada pada saat itu.

2. Mengamati.

Roy Kroc tokoh dibalik sukses restoran waralaba cepat saji McDonald, mendapatkan ide usahanya dari pengamatanya terhadap tingkah laku masyarakat pekerja disekitarnya.

3. Membantu Orang

Ide membantu orang lain untuk memperoleh upah atau keuntungan,seperti menjualkan barang orang lain, mempertemukan penjual dan pembeli dll.

4. Ide Lama

Jeff Bezos dari Amazom.com mendapatkan ide usahanya dengan memperbaharui ide lama penjualan buku dari toko buku biasa menjadi di internet sehingga bisa lebih cepat dan praktis.

5. Ide Orang Lain

Jennifer Basye sander membangun kerajaan “Buku kuning”/direktori) seluruh usaha yang dikelolanya oleh wanita dikota tempat ia tingal. Ternyata buku ini laris. Informasi dari buku ini senantiasa diperbaharui agar selalu up tu date.

6. Kolaborasi

Dewitt dan lila wallace berkolaborasi sebelum berhasil  membangun kerajaan usaha dari penerbitan majalah inspirasi bulanan Reader’s Digest.

7. Terbitkan

Tom peters, Alvin Toffler, Agatha Christie adalah beberapa tokoh yang menuangkan ide usaha  dalam buku atau novel yang lalu mereka terbitkan. Dari buku buku ini, sang pengarang mendapatkan pemasukan.

8. Catat secara hukum.

Ide kita juga bisa dicatat untuk mendapatkan copyright . Seorang artis indonesia mencatat gayanya disertai kalimat khusus untuk mengungkapkan gaya tersebut untuk mengungkapkan gaya tersebut untuk mendapatkan hak cipta.

9. Adakan Pertunjukan.

Cara lain untuk mengubah ide menjadi keuntungan finansial adalah dengan mendemokan kepada publik melalui seminar, pelatihan, ataupun sekadar  pertunjukan dalam bentuk hiburan. Beberapa akademisi dan praktisi memilih cara ini untuk memperkenalkan ide mereka kepada publik.

Peluang Bisnis

Titik fokus pertama dalam entrepreneurship adalah apakah seseorang melihat adanya peluang bisnis disekitarnya atau tidak.Peluang bisnis merupakan situasi yang memungkinkan terciptanya kerangka berpikir baru dalam rangka mengkreasi dan mengkombinasi sumber daya untuk menghasilkan profit. Peluang bisnis merupakan kesempatan bagi seseorang untuk membuka usaha sesuai keinginan, kemampuan, kekuatan atau pengalaman yang dimiliki.

Faktor-faktor peluang bisnis :

1.Perubahan Teknologi.

Perubahan teknologi merupakan peluang usaha karena memungkinkan orang untuk mengalokasikan sumber daya dengan cara yang berbeda dan lebih potensial.

2. Perubahan politik dan kebijakan.

Perubahan politik dari Orba ke Reformasi dan perubahan kebijakan dari pusat keotonomi daerah merupakan sumber peluang usaha baru.

3. Perubahan Demografi.

Strutur demografi juga membuka peluang usaha. Demografi yogyakarta sebagai kota pelajar dan budaya, juga dikenal sebagai daerah tujuan bagi pensiunan. Hal ini membawa dampak bagi jenis usaha yang dikembangkan dikota Yogyakarta.

4. Institusi pendidikan

Institusi pendidikan sebagai pusat penelitian adalah sumber peluang usaha memmamfaatkan hasil hasil penelitian.

5.Akses Informasi.

Informasi memungkinkan seseorang memperoleh peluang membuka usaha dibandingkan dengan orang lain yang tidak mengetahuinya

6.Variasi pengalaman hidup.

Variasi dalam pengalaman hidup menyediakan akses pada informasi yang baru kadang memiliki elemen yang hilang dan membutuhkan kecermatan bahwa peluang baru telah hadir. Varisasi dalam pengalaman menyebabkan seseorang akan menerima informasi yang baru.

7.Kepribadian

Kepribadian berpengaruh terhadap tindakan seseorang dalam mengambil keputusan terkait pemamfatan peluang.

Kategori Bisnis

Bisnis diklsifikasi atas empat kategori:

1.Usaha mikro.

omzet pertahun sampai dengan Rp 300 juta.

Aset sampai dengan Rp 50 juta.

2.Usaha kecil.

Omzet pertahun Rp 300 juta s/d Rp 2.5 milyard dan aset Rp 50 juta – Rp 2.5 Milyard.

3.Usaha menegah

Omzet pertahun Rp 2.5 M – 50  M  Aset dari Rp 500 juta – 10 M

4.Usaha besar/ konglomerat.

Omzet pertahun > 50 M dan aset > 10 M

Memulai Bisnis

Rencana bisnis (business plan) adalah dokumen tertulis yang berisi tujuan usaha, rencana penjualan, rencana keuangan dan sasaran yang ingin dicapai dari usaha tersebut. Rencana usaha merupakan pedoman bagi entrepreneur, karyawan, rekanan, kreditor dan pihak pihak lain dalam mengimplementasikan usaha tersebut.

Menyusun Rencana Bisnis

1. Menetapkan tujuan dan sasaran.

yaitu penjabaran atas tujuan usaha, strategi yang dipakai, implementasi dilapangan dan sasaran yang diharapkan dari usaha tersebut.

2. Peramalan penjualan.

Yaitu memperkirakan seberapa besar produk yang akan laku terjual, jumlah persedian barang digudang, luas ruang usaha yang akan dipakai dan tenaga kerja yang dibutuhkan.

3. Rencana keuangan.

Yaitu perencanaan modal awal yang dibutuhkan, dana cadangan yang tersedia, titik pulang pokok (break even point) neraca keuangan serta aliran kas.

Awal Memulai Bisnis

Seseorang yang akan membuka usaha baru dan memulai usaha dari awal sebaiknya mengidentifikasikan hal-hal berikut:

1. Siapa pelangan kita.

2. Lokasipelanggan.

3. Kemampuan daya beli pelanggan.

4. Jumlah produk yang dapat dibeli pelangan.

5. Siapa pesaing kita.

6. Beda produk kita dengan pesaing.

Seorang IT Profesional yang berpengalaman di bidang Troubleshooting, Networking dan Database Management.


2 comments

  1. Hello admin, i found this post on 19 spot in google’s search results.
    You should decrease your bounce rate in order to rank in google.
    This is major ranking factor nowadays. There is very useful
    wp plugin which can help you. Just search in google for:
    Lilas’s Bounce Plugin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA ImageReload Image